z

Cara Memanajemen Waktu Secara Efektif dan Efesien

Memang bila Anda ingin membuat sebuah perubahan yang nyata, maka Anda harus terlebih dulu memulai dengan cara belajar bagaimana secara efesien mengelola waktu Anda. Siapapun yang mngetahui bagaimana cara mengelola wawktu, agar efektif dan tidak terbuang sia - sia. Nah memanajemen waktu adalah hal yang baik mengenai prioritas secara tepat.

Sebelum kesana, tanya dulu pada Anda sendiri. Apakah Anda merasa selalu menghabiskan waktu dan Anda tidak dapat melakukan apa yang sudah di jadwalkanatau Anda selalu merasa bahwa Anda tidak memiliki cukup waktu untuk dirimu?

Nah bila jawaban dari kedua pertanyaan itu Ya, maka sudah dipastikan dan saatnya untuk mengubah hidup Anda dan mulai menghabiskan waktu Anda secara optimal. Berikut hal - hal yang harus di perhatikan.

1. Menguasai daftar hal - hal yang harus Anda Lakukan
Hal ini biasa disebut dengan to-do lists, yang dimana memudahkan Anda untuk mencakup seluruh tugas dan kegiatan Anda saat ini serta tugas yang akan dilakukan serta diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, maka Anda harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikannya. Bila tugasnya terus berulang maka rencanakan pada hari tertentu yang dimana Anda memiliki waktu yang cukup untuk membereskannya.

2. Buat Program Smart
SMART merupakan singkatan dari bahasa Inggris yaitu Specific Measureable Achievable Reasonable Timeline. Dimana program ini merupakan yang aling sulit di awal setiap minggu sehingga Anda harus membuat program ini. Jika di rencanakan maka pada akhir minggu atau sebelum akhir ekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan pada hari - hari yang luar. Sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jum'at)

3. Belajar Mengatur Prioritas
Yang ketiga adalah Anda harus belajar bagaimana agar prioritas-prioritas itu dilakukan secara efisien di kerjakannya. Maka tugas yang paling penting adalah harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar.  Cobalah untuk menerapkan Prinsip Pareto dimana 80% dari prestasi Anda dihasilkan dengan melakukan 20% Usaha. Maka cobalah untuk bekerja secara cerdas serta sederhana.

4. Kunci manajemen waktu yang sukses adalah delgasi
Salah satu kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Maka jangan mencoba untuk menyelesaikannya semua tugas sendirian. Kenalli mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka. Ini adalah satu-satunya cara dimana Anda tidak dapat memiliki waktu yang diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi Anda. Pada saat yang sama, apa yang Anda pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang. Pengalaman menunjukkan bahwa waktu yang Anda perlukan untuk mengulang pekerjaan Anda akan lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang Anda perlukan untuk mengerjakan perkerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang - oran gyang harus melakukan banyak kegiatan.

5. Jangan takut mengatakan "Tidak"
yang terakhir adalah Anda harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan tidak dan emnolak tugas-tugas yang tidak dapat Anda lakukan. Jika Anda kehabisan waktu dan merasa stres, maka lebih baik untuk menolak undangan pergi makan siang atau makan malam keluarga. Anda harus menyada bahwa Anda tidak dalam kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejap. Anda harus belajar untuk memilih tugas yang Anda benar-benar ingin lakukan atau yang perlu diselesaikan.

Bisa disimpulkan bahwa Ingin sukses waktu yaitu dengan mengoptimalkan serta mengefektifkan waktu sebaik-baiknya. Nah demikianlah artikel Cara Memanajemen Waktu Secara Efektif dan Efesien.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

7 comments

Write comments
UCHIHA SASUKE
AUTHOR
February 27, 2018 at 2:25 PM delete

numpang share ya,,,
ayo segera daftar kan diri anda di ionqq,c0m
daftar, mainkan dan menangkan hadiahnya,,,
hanya di ionqq.com player bisa jadi bandar...
pin bb : #58a-b14-f5#

Reply
avatar
March 1, 2018 at 11:58 AM delete

F4ns Bett1ng, s1tus Jud1 b0la 0nline terpercay4
minimal dp/wd 50rb

Reply
avatar
Neng Silvi
AUTHOR
March 1, 2018 at 12:02 PM delete

Kalah melulu main di agen lain? Kecewa dengan agen lain?
Daftar disini saja Upd4te Bett1ng

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 14, 2018 at 5:47 PM delete


mari bergabung dengan kami di
F|A|N|S|P|O|K|E|R jangan lupa untuk di add ya pin bb 55F97BD0 ^^

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 14, 2018 at 6:26 PM delete

ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

Reply
avatar
veronica lim
AUTHOR
January 22, 2019 at 8:17 PM delete

mari segera bergabung dengan kami.....
di ajoqq.club...
segera di add black.berry pin 58CD292C.
WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

Reply
avatar
veronica lim
AUTHOR
January 22, 2019 at 8:47 PM delete

ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

Reply
avatar