z

Ciri Ikan Nila Terserang Hama Dan Penyakit Serta pencegahannya

Nila adalah salah satu jenis ikan yang memiliki rasa yang lezat. Dimana nila cocok dimasak menjadi makanan pedas, manis,. Namun perlu waspada jika Anda berbudidaya ikan Nila ini, karena bisa saja penyakit berbahaya pada nila bisa menyebabkan kematian. Karena penyakit ikan nila bukan tidak mungkin datang. Pasalnya ikan nila sangat rentan terhadap serangan dan penyakit yang biasanya pada fase pembenian ikan nila, dari penetasan hingga pendederan.



Pengobatan hama dan penyakit ikan ini pun cukup menyita biaya. Oleh karena itu utamakan terlebih dahulu pencegahan dibanding pengobatan. Dari segi ekonomi upata pencegahan lebih efesien

Pencegahan merupakan suatu langkah yang cuup efektif utnuk menekan risiko hama dan penyakit ikan nila. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan penyakit dan hama, diantaranya:
- Memasang saringan dipintu masuk air untuk mencegah hama dan vektor membawa masuk penyakit kedalam kolam Ikan

- Lakukan secara rutin pemberatasan hama bisa dilakukan dengan cara mekanis (diambil atau dibunuh) atau biologis (mempertahan predator hama). Jika masih ada maka upayakan dengan obat

- Pengolahan dasar kolam, yaitu dnegan pengeringan, pengapuran serta pemupukan. Jika Pengeringan dilakukan dengan menjemur dasar kolam setiap kali hendak memulai budidaya. Sinar matahari bisa juga membunuh hama dan penyakit yang mungkin saja ada pada periode budidaya sebelumnya. Pengapuran di dasar kolam bisa mematikan sebagian penyakit.

- Mengurangi kepadatan ikan agar tidak terjadi kontak antar ikan secara langsung. Dengan jarangnya populasi, kadar oksigen larut dalam air kolam itu akan lebih banyak.

- Berikan pakan dengan takaran yang tepat untuk menghindari terjadinya penumpukan sisa pakan di dalam kolam. Sisa pakan ini nantinya akan membusuk sehingga menurunkan kualitas lingkungan kolam dan menjadi tempat berkembangbiaknya bibit penyakit.

Contoh Hama
Hama ikan nila

Hama yang memangsa ikan nila tidak jauh berbeda dengan hama ikan air tawar lainnya. Ada Beberapa hama ikan nila yang paling sering dijumpai dan mempunyai efek mematikan diantaranya:

a. Notonecta

Masyarakat Jawa Barat biasa menyebutnya degan bebeasan (menyerupai seperti beras) karena terdapat bintik putih seperti beras. Hama ini menyerang benih ikan. Upaya pencegahannya akan cukup sulit.

Bila jumlahnya sudah terlalu banyak, hama ini bisa diberantas dengan cara menyiramkan minyak tanah kedalam kolam. Takaran minyak tanah yang diperlukan 5 liter tiap 1000 m2 luas kolam. Cara ini cukup efektif menekan populasi notonecta.

b. Larva cybister

Hama ini dikenal dengan nama ucrit, lebih mematikan dibanding notonecta. Dimana warnanya kehijauan dan bisa bergerak dengan cepat. Bagian depan terdapat taring untuk menjepit mangsa, sedangkan di bagian belakangnya terdapat sengatan. Ucrit biasanya menyerang benih ikan.

Ucrit menyukai lingkungan kolam yang tak sedikit mengandung material organik. Untuk mencegahnya, bersihkan kolam dengan cara selalu dari gulma serta sampah organik. Bila telah dewasa bakal bermetamorfosis menjadi kumbang yang dapat meloncat antar kolam.

Bahan kimia yang mematikan bagi ucrit, akan mematikan juga bagi benih ikan nila. Oleh karena itu, hama ucrit hanya dianjurkan untuk diberantas secara mekanis dan mengefektifkan pencegahan.

Penyakit ikan nila
Trichodina sp. Tipe mikroorganisme yang sehingga parasit pada ikan air tawar maupun ikan air laut. Parasit ini biasanya menyerang tahap luar semacam kulit, sirip serta insang. Cirinya terkesan luka pada organ-organi yang diserang. Dapat dicegah dengan menjaga sanitasi kolam serta memasang filter air alias bak pengendapan pada instalasi irigasi kolam. Pengobatan dapat diperbuat dengan merendam ikan yang sakit dalam larutan garam (NaCl) setaksedikit 500-1000 mg/liter selagi 24 jam. Alias dengan larutan formalin setaksedikit 25 mg/liter.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
UCHIHA SASUKE
AUTHOR
March 6, 2018 at 3:12 PM delete

mari bergabung dan bermain di ION^QQ (,) com dan raih kesempatan menang lebih besar...
pin BB : 58ab14f5

Reply
avatar
Neng Silvi
AUTHOR
April 10, 2018 at 1:21 AM delete

Pasang Taruhanmu Malam Ini Hanya Di www(dot)updatebetting(dot)co
Untuk Info Cara Daftar Silahkan Hubungi CS Kami Di Bawah Ini
BBM 7ACD8560, Line Updatebetting, Whatsapp +855 979 542 957

Reply
avatar
sarah
AUTHOR
January 16, 2019 at 6:02 PM delete

I0nQQ*C0m
agen terbesar dan terpercaya di indonesia
segera daftar dan bergabung bersama kami.
p1n bb:*58ab14f5

Reply
avatar
lovemachoco
AUTHOR
February 16, 2019 at 11:10 PM delete

Promo Fans^^poker :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis


Reply
avatar